Laporan Tahunan OJK 2014, Perkuat Fundamental Perekonomian Melalui Inklusi Keuangan

Sep 10 2015
Hits : 2685
Jumlah Download : 108

Otoritas Jasa Keuangan, 8 Agustus 2015: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis laporan tahunan 2014 sebagai bagian pertanggungjawaban publik atas pelaksanaan fungsi dan tugas OJK sepanjang 2014. Laporan tahunan ini juga memuat Laporan Keuangan 2014 yang telah diaudit oleh Badan Pemerikasa Keuangan dengan opini wajar tanpa pengecualian.

Menurut Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad, 2014 merupakan tahun yang penuh tantangan, dengan dinamika perekonomian global yang terus bergelut untuk dapat keluar dari jeratan krisis. Tahun ini juga ditandai dengan suksesi kepemimpinan Nasional, dari Bapak Susilo Bambang Yudhoyono kepada Bapak Joko Widodo yang berjalan mulus sebagai perwujudan proses demokrasi yang terus berjalan dan semakin matang.

Pada 2014 pula, pengaturan dan pengawasan sektor Perbankan secara resmi beralih dari Bank Indonesia ke OJK melalui proses yang berjalan lancar dan tidak menimbulkan riak, atau gangguan pada pelaksanaan fungsi dan layanan perbankan kepada masyarakat. "Kami mencatat bahwa kinerja sektor jasa keuangan masih tumbuh positif. OJK juga mengembangkan pelayanannya kepada masyarakat di daerah dengan mulai beroperasinya enam Kantor Regional dan 29 Kantor OJK di seluruh Indonesia," ujarnya.

OJK terus menyikapi perkembangan proses pemulihan perekonomian global yang masih terus menghadapi tantangan dalam melaksanakan fungsi dan tugas. Khususnya, terkait dengan rencana normalisasi kebijakan The Fed yang telah menimbulkan gelombang pelarian modal dari negara berkembang. Fenomena ini juga berlangsung di Indonesia dan memberikan tekanan pada stabilitas sistem keuangan. 

Di tengah situasi perekonomian yang kurang kondusif, OJK terus memastikan bahwa fungsi dan pelayanan sektor jasa keuangan dapat berjalan dengan optimal melalui serangkaian penguatan aturan dan tindakan pengawasan. Maka dari itu, imbas dari fluktuasi perekonomian global dapat dimitigasi dan stabilitas sistem keuangan secara umum dapat dipertahankan. Berbagai langkah mitigasi ini dilakukan juga dengan melibatkan mitra kerja kami dalam kerangka Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan.

Selain itu serangkaian inisiatif telah kami luncurkan, untuk membantu mempercepat peningkatan pertumbuhan ekonomi yang sedang berada dalam siklus menurun. Pada November 2014, OJK telah meluncurkan paket kebijakan sebagai bagian dari total 39 Peraturan OJK yang diterbitkan untuk memperkuat pengawasan sektor jasa keuangan secara terintegrasi, pendalaman pasar keuangan, dan perluasan akses keuangan masyarakat. Ketiga aspek ini senantiasa menjadi prioritas, dalam konteks menciptakan sektor keuangan nasional yang tangguh, stabil dan mampu berkontribusi aktif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Secara khusus, OJK menegaskan keberpihakan pada upaya meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan dan jasa sektor keuangan, termasuk aspek perlindungan konsumen dan upaya untuk meningkatkan porsi keuangan syariah dalam kancah perekonomian nasional. Beberapa inisiatif yang telah OJK siapkan diantaranya adalah pengaturan mengenai layanan keuangan tanpa kantor dalam program Laku Pandai, program Sahamku dan Reksadanaku untuk menjaring investor ritel, serta penerbitan produk asuransi mikro. OJK, pada saat bersamaan, telah melengkapi sistem perlindungan konsumen melalui Integrated Financial Customer Care yang memiliki fasilitas trackable dan traceable.

"OJK juga menginisiasi pembentukan Komite Pengembangan Jasa Keuangan Syariah yang melibatkan pemangku kepentingan di keuangan syariah untuk lebih memperkuat sinergi dalam pengembangan sektor keuangan syariah," ujar Muliaman.

Berbagai kegiatan dan inisiatif yang telah OJK lakukan secara rinci akan dipaparkan dalam buku laporan tahunan ini. Kiranya laporan ini dapat memberi manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan, sekaligus menjadi pemicu bagi OJK untuk terus memperbaiki diri dalam melaksanakan tugas yang diamanatkan.

"Akhir kata, kami atas nama Dewan Komisioner menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi OJK selama 2014. Penghargaan yang tulus kami sampaikan juga kepada seluruh jajaran pegawai OJK yang telah bekerja dengan penuh kesungguhan dan dedikasi tinggi dalam mewujudkan visi dan misi Otoritas Jasa Keuangan."

laporan-tahunan-ojk-2014.pdf

Test
Data dan Statistik

Right Menu Subsite

OJK - Data dan Statistik
Data dan Statistik