Sambutan Ketua Dewan Komisioner OJK Kick-Off Program JARING OJK

May 12 2015
Jumlah Download : 16

 

​Otoritas Jasa Keuangan, Takalar, 12 Mei 2015: Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meresmikan peluncuran Program Jangkau, Sinergi, dan Guideline atau JARING yang merupakan inisiatif Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Pantai Boddia, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Senin (11/5). JK meresmikan peluncuran JARING dengan memukul gendang tradisional Makassar bersama Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.


Peluncuran buku Program JARING menandai dimulainya program yang bertujuan meningkatkan pembiayaan di sektor Kelautan dan Perikanan agar terus bertumbuh serta mendorong perluasan akses masyarakat terhadap Sektor Jasa Keuangan. Buku tersebut berisi penyediaan data dan informasi yang komprehensif mengenai sektor Kelautan dan Perikanan kepada Sektor Jasa Keuangan yang berisikan data dan informasi potensi bisnis dan peta risiko, value chain bisnis dan skim pembiayaan kepada sektor Kelautan dan Perikanan. Buku dilengkapi dengan uraian dukungan regulasi dari instansi terkait.


Program JARING bertujuan menjawab kebutuhan stakeholders terhadap informasi tentang database Kelautan dan Perikanan, skema pembiayaan, pemetaan risiko bisnis dan dukungan regulasi dari otoritas terkait. Muliaman mengharapkan Program JARING bisa memberikan manfaat untuk:

  1. Peningkatan pertumbuhan pembiayaan SJK di sektor kelautan dan perikanan dengan target pertumbuhan pembiayaan minimal 50 persen dari tahun sebelumnya melalui pendalaman pengetahuan SJK terhadap sektor kelautan dan perikanan yang selama ini dianggap memiliki risiko tinggi sehingga pembiayaan kepada sektor ini dapat diakselerasi.
  2. Peningkatan akses masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah di komunitas kelautan dan perikanan, terhadap sistem atau industri keuangan.
  3. Peningkatan kesejahteraan nelayan (peningkatan income per kapita), peningkatan jumlah lapangan kerja dan sekaligus pengurangan jumlah pengangguran.
  4. Peningkatan jumlah devisa termasuk pengurangan jumlah defisit neraca berjalan.
Acara peluncuran Program JARING juga diisi dengan tiga perjanjian kesepahaman yaitu antara OJK dan KKP. Untuk melihat sambutan Ketua Dewan Komisioner OJK silakan unduh PDF terlampir.

Artikel Lain
Test
Berita Dan Kegiatan

Right Menu Subsite

Publikasi - Berita Dan Kegiatan
Berita Dan Kegiatan