Laku Pandai

 

​​​Laku Pandai disingkat dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif, yaitu Program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Kenapa Laku Pandai diperlukan?

  • Masih banyak anggota masyarakat yang belum mengenal, menggunakan atau mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya. Antara lain, karena bertempat tinggal di lokasi yang jauh dari kantor bank atau adanya biaya atau persyaratan yang memberatkan.
  • OJK, industri perbankan, dan industri jasa keuangan lainnya berkomitmen mendukung terwujudnya keuangan inklusif.
  • Pemerintah Indonesia mencanangkan program Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) padaJuni 2012, satu program di antaranya adalah branchless banking.
  • Branchless banking yang ada sekarang perlu dikembangkan agar memungkinkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya menjangkau segenap lapisan masyarakat di seluruh Indonesia.

Program ini bertujuan menyediakan produk-produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum dapat menjangkau layanan keuangan. Selain itu, juga melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan antarwilayah di Indonesia, terutama antara desa dan kota.

Produk-produk yang disediakan dalam program ini adalah tabungan dengan karakteristik Basic Saving Account (BSA), kredit atau pembiayaan kepada nasabah mikro, dan produk keuangan lainnya seperti Asuransi Mikro.

Lampiran:

1. Information Tools Program Laku Pandai

1.a. Buku Saku Laku Pandai

1.b Leaflet Laku Pandai
      Leaflet versi Umum
      Leaflet versi Ibu Rumah Tangga
      Leaflet versi Pelajar

1.c. Video Laku Pandai
       Video Animasi Laku Pandai Versi Pendek
       Video Animasi Laku Pandai Full Version
       Video Testimoni Laku Pandai
       Video Zakat Inclusion

2. Perkembangan Program Laku Pandai
2.a. Data Perkembangan Program Laku Pandai Posisi Juni 2017



2.b. Statistik Perkembangan Laku Pandai

    2. b. 1) Persebaran Agen Laku Pandai


    2. b. 2) Persebaran Nasabah BSA


    2. b. 3) Klasifikasi Agen Laku Pandai


   2. b. 4) Rata-rata Saldo per Rekening BSA berdasarkan Pulau Besar (satuan penuh rupiah)


   2. b. 5) Jumlah Nasabah/Rekening yang melakukan Transaksi terkait Tabungan BSA


   2. b. 6) Jumlah Nasabah/Rekening yang melakukan Transaksi terkait Tabungan Non BSA



3. Informasi Program dan Foto Signage Agen Laku Pandai di masing-masing Bank
    3.a. Informasi Program Laku Pandai
           
1. Bank Mandiri10. BRI Syariah​19. ​BPD NTB
2. ​BRI11. Bank Sahabat Sampoerna​20. ​BPD NTT
3. BNI​12. Bank Jabar Banten (BJB)21. BPD Lampung
4. ​BTN13. Bank Jateng22. ​BPD Sumsel Babel
5. ​BTPN14. ​BTPN Syariah23. BPD Bali
6. ​BCA15. Bank Danamon
24. ​BPD Bengkulu
7. ​BPD Kaltim16. Bank Riau Kepri25. BPD Jambi
​8. ​Bank Sinarmas​17. Bank Artha Graha Internasional​26. BPD Kalbar
​9. Bank Bukopin
​18. Bank Jatim



    3.b. Foto Signage Agen Laku Pandai
                     
​1. Bank Mandiri
​11. Bank Sahabat Sampoerna
​21. BPD Lampung
​2. BRI
​12. Bank Jabar Banten (BJB)
​22. BPD Sumsel Babel
​3. BNI
​13. Bank Jateng
​23. Nobu Bank
​4. BTN
​14. BTPN Syariah
​24. BPD Bali
​5. BTPN
​15. Bank Danamon
25. ​BPD Bengkulu
​6. BCA
​16. Bank Riau Kepri
26. BPD Jambi
​7. BPD Kaltim
​17. Bank Artha Graha Internasional
​27. BPD Kalbar
​8. Bank Sinarmas
​18. Bank Jatim
28. BPD DIY
​9. Bank Bukopin​19. BPD NTB
​10. BRI Syariah​20. BPD NTT