Penelitian Mahasiswa

 

​Penelitian Mahasiswa

Sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan karya tulis atau tugas akhir/skripsi/tesis/disertasi  dan membutuhkan data atau informasi terkait dengan tugas dan fungsi OJK, maka OJK memberikan pelayanan terhadap pihak eksternal untuk melakukan penelitian.  

Persyaratan dan Prosedur Penelitian:

  1. Mahasiswa/peneliti mengajukan permohonan penelitian paling lambat 2 bulan sebelum penelitian mulai dilakukan.
  2. OJK akan mempertimbangkan setiap proposal tugas akhir/skripsi/tesis/disertasi  yang diajukan. Topik yang tidak relevan dengan ruang lingkup tugas dan fungsi OJK tidak dapat dilayani.
  3. Mahasiswa/peneliti memastikan data publikasi yang tersedia situs web resmi OJK, sebelum mengajukan permohonan permintaan data.
  4. Mahasiswa/peneliti dapat datang sesuai kebutuhan melalui mekanisme perjanjian pertemuan dengan Pegawai OJK, yang dapat diatur setelah proposal disetujui, sehingga pengambilan data tidak harus melalu proses magang.
  5. Mahasiswa/peneliti menyampaikan dokumen persyaratan sebagai berikut:
    1. Surat Pengantar dari Perguruan Tinggi ditujukan kepada Direktur Pengembangan Sektor Jasa Keuangan;
    2. Curriculum Vitae dilengkapi foto;
    3. Kartu mahasiswa;
    4. Executive Summary proposal penelitian yang mencantumkan sekurang-kurangnya judul, tujuan penelitian, metodologi, data yang diperlukan, jangka waktu penelitian serta pertanyaan yang akan diajukan sekiranya diperlukan wawancara; dan
    5. Surat pernyataan bermaterai yang dapat diunduh disini: Surat Pernyataan Peneliti.docx
  6. Seluruh dokumen persyaratan di scanned dan disampaikan melalui email (penelitian@ojk.go.id) dengan mencantumkan judul:

                      Permohonan Penelitian Mahasiswa_(Nama Lengkap)_(Jurusan)_(Universitas/Sekolah)

                      Contoh: Penelitian Mahasiswa_Omar Karim_S1 Akuntansi_Universitas Gadjah Mada