Perbankan

​​

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki fungsi sebagai penyelenggara sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi pada sektor jasa keuangan yang dibagi atas sektor perbankan, pasar modal, dan industri keuangan non-bank. Perbankan menjalankan fungsinya berasaskan prinsip kehati-hatian. Fungsi utama perbankan adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat yang bertujuan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya. Perbankan juga sebagai salah satu pilar pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dari sisi sektor keuangan.

Tingginya pertumbuhan ekonomi Indonesia beberapa tahun terakhir belum diimbangi dengan kualitas lingkungan hidup yang semakin memburuk, kesenjangan sosial yang semakin lebar, dan perubahan iklim yang semakin tidak dapat diprediksi. Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan yang berwawasan sosial dan lingkungan sebagaimana yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Hal ini sejalan dengan inisiatif global untuk melaksanakan kerangka kerja pembangunan berkelanjutan yang disusun oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) bekerjasama dengan perbagai pemerintah, civil society dan pelaku ekonomi dari seluruh dunia.

Andil sektor jasa keuangan dalam pembangunan berkelanjutan dapat dilihat dari kontribusi sektor perbankan terhadap pembiayaan kegiatan pembangunan berkelanjutan. Peningkatan pendanaan dalam industri perbankan antara lain dilakukan melalui penetapan persentase tertentu dari total portofolio pendanaan masing-masing bank untuk mendukung sektor prioritas serta penugasan kepada bank tertentu yang dinilai memiliki kemampuan di bidang tertentu. Penetapan persentase tertentu dan penugasan bank akan ditetapkan setelah kajian yang melibatkan OJK dan instansi terkait antara lain BI dan Kementerian yang membidangi sektor prioritas. Salah satu program peningkatan pendanaan tersebut adalah program Pollution Abatement Equipment (PAE Program) yang memberikan bantuan keuangan untuk membiayai lingkungan hidup dengan mudah dan murah.​