FATF Methodology Updated October 2019

FATF Methodology 22 Feb 2013 (okt)-1_page-0001.jpg Unduh: FATF Methodology 22 Feb 2013_updated oct 2019.pdf

Financial Action Task Force (FATF) sebagai badan antar pemerintah yang memiliki tugas untuk menetapkan standar dan mendorong implemetasi Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) yang efektif, melakukan mutual evaluation secara periodik terhadap anggota-anggotanya. Mutual Evaluation Review (MER) merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh FATF untuk mengetahui sejauh mana kepatuhan rezim APU PPT suatu jurisdiksi/negara dapat tercapai dengan baik terhadap 40 Rekomendasi FATF. Fokus penilaian pada MER yakni sebagai berikut:

  1. Penilaian tingkat kepatuhan suatu negara terhadap 40 Rekomendasi FATF (Technical Compliance).
  2. Penilaian efektifitas penerapan program APU PPT, yang dilihat melalui 11 Immediate Outcome (IO).

Mutual Evaluation Report sebagai dokumen hasil pelaksanaan MER memberikan uraian dan analisis mendalam tentang sistem yang diterapkan suatu negara untuk mencegah penyalahgunaan kriminal terhadap sistem keuangan di negara tersebut dan rekomendasi untuk memperkuat sistem pencegahan tersebut.

Dalam melaksanakan MER, FATF atau FATF-Style Regional Bodies (FSRBs) menggunakan dokumen FATF Methodology sebagai dasar untuk menjalankan assessment. FATF Methodology berisikan 3 bagian dimana pada bagian pertama merupakan pengantar yang memberikan gambaran umum tentang FATF Methodology, latar belakangnya, dan bagaimana FATF Methodology digunakan dalam proses assessement. Pada bagian kedua diuraikan mengenai kriteria untuk menilai technical compliance terhadap masing-masing Rekomendasi FATF. Selanjutnya, pada bagian ketiga diuraikan hasil, indikator, data, dan faktor-faktor lain yang digunakan untuk menilai efektivitas pelaksanaan Rekomendasi FATF.

FATF Methodology ini pertama kali diterbitkan pada tanggal 22 Februari 2013, dan secra regular dilakukan pengkinian terhadap FATF Methodology tersebut. Pengkinian terakhir dilakukan pada Bulan Oktober 2019, yakni revisi terhadap rekomendasi 15 dan IO1 sd. IO4, serta IO6 –IO11 untuk mereflesikan perubahan terhadap Rekomendasi FATF yakni Rekomendasi 15 dan Interpretive Notes pada Rekomendasi 15, serta Glorasiumnya, yang memasukan virtual assets dan virtual asset service providers. Adapun Informasi pengkinian terhadap FATF Methodology secara detail sebagai berikut:

Tanggal / Sidang FATFJenis PerubahanKeterangan Bagian yang Dilakukan Perubahan
Oktober 2015Penambahan catatan kaki untuk memperjelas interpretasi kriteria 29.3.

R.29 – Halaman 75

Menambahkan catatan kaki untuk memandu penerapan metodologi untuk kriteria 29.3 tentang kewenangan Financial Intelligence Unit(FIU) untuk memperoleh informasi tambahan.

Februari 2016Perubahan pada R. 5 and IO.9.

R.5 and IO.9 – halaman 30-31 dan 115-116

Untuk menyelaraskan metodologi untuk R.5 dan IO.9 dengan Catatan Interpretasi ke Rekomendasi 5 yang diubah terkait dengan UNSCR 2178.

Februari 2016Penambahan catatan kaki pada terminologi berbagai jenis kegiatan Pencucian Uang untuk IO.7.

IO.7 – halaman 110-112

Menambahkan catatan kaki yang menjelaskan terminologi berbagai jenis kegiatan Pencucian Uang  sebagaimana dimaksud dalam IO.7 (Core Issues 7.3).

Oktober 2016Perubahan terhadap R.8 and IO. 10

R.8 dan IO.10 dan Glorasium – halaman 39-41 dan 117-119

Untuk menyelaraskan metodologi untuk R.8 dan IO.10 dengan perubahan Rekomendasi No. 8 dan Interpretative Notes terhadap Rekomendasi No. 8.

Oktober 2016Penambahan catatan kaki tentang pajak dan penyitaan ke IO.8

IO.8 - halaman 113-114

Menambahkan catatan kaki tentang bagaimana gambaran penyitaan pajak harus diperhitungkan untuk penilaian efektivitas berdasarkan IO.8 (Core Issues 8.2)

Februari 2017Perubahan terhadap R.5 and IO.9

R.5 dan IO.9 - halaman 30-31 dan 115-116

Menyelaraskan metodologi untuk R.5 dan IO.9 dengan perubahan Interpretative Notes Rekomendasi 5 dan istilah-istilah "dana atau aset lainnya".

November 2017Perubahan terhadap Rekomendasi No. 7

R.7 – Halaman 36-38

Mengubah R.7 untuk mencerminkan amandemen terhadap Standar FATF (INR.7 dan Glorasiumnya) yang dibuat pada Juni 2017 yang mencerminkan perubahan pada Resolusi Dewan Keamanan PBB tentang pembiayaan proliferasi sejak standar FATF dikeluarkan pada Februari 2012.

November 2017Perubahan  terhadap Catatan kaki Recommendation 25

R.25 – halaman 69-70

Untuk mengubah catatan kaki 55 pada metodologi untuk R.25 untuk memberikan panduan tentang bagaimana mengidentifikasi pengaturan hukum lain yang termasuk dalam ruang lingkup R.25 dan IO.5 karena karakteristik dan fitur yang mirip dengan mengekspresikan kepercayaan dan bisa sangat rentan dari perspektif TPPU/TPPT, dan untuk memastikan pendekatan yang konsisten di seluruh MER.

Februari 2018Revisi terhadap Recommendations 18 and 21

R.18 – hamalan 58 dan R 21 - halaman 62

Untuk mengubah R.18 dan R.21 untuk mencerminkan amandemen Standar FATF pada November 2017 (INR.18 dan R.21) yang mengklarifikasi persyaratan tentang berbagi informasi terkait dengan transaksi yang tidak biasa atau mencurigakan dalam grup konglomerasi keuangan, dan interaksi dari persyaratan ini dengan ketentuan tipping-off.

Oktober 2018 Revisi  terhadap Recommendation 2 and Immediate Outcome 1

R.2 – halaman 26 dan IO.1 – halaman 94 dan 95

Untuk mencerminkan amandemen Standar FATF (R.2) bulan Februari 2018 yang mengklarifikasi kebutuhan untuk kompatibilitas persyaratan APU PPT dan aturan perlindungan data dan privasi dan membangun kesimpulan dari laporan RTMG tentang pembagian informasi CT / CFT antar-lembaga.

Oktober 2018 Revisi terhadap Bagian 1 and penambahan catatan kaki pada Bagian 5 dan 6 terkait Immediate Outcomes 3 dan 4

Bagian 1 – halaman 132,
Bagian 5 – halaman 138, dan Bagian 6 – halaman 139

Penambahan catatan kaki untuk mengklarifikasi harapan ketika menilai efektivitas berdasarkan IO.3 dan IO.4, dengan mempertimbangkan risiko, konteks dan materialitas negara yang dinilai.

Februari 2019Revisi to Immediate Outcomes 3 dan 4 Penambahan catatan untuk Assessor dan catatan kaki.Outcome 3 – halaman 99-100
Outcome 4 – halaman 103-104
Penambahan catatan untuk penilai dan catatan kaki untuk memberikan panduan lebih lanjut tentang cara menilai kepentingan relatif berbagai sektor lembaga keuangan dan DNFBP yang berbeda.
Oktober 2019Revisi to Recommendation 15 dan Immediate Outcomes 1 - 4, serta 6 – 11 untuk mencerminkan amandemen terhadap Standar FATF (R.15, INR.15 dan Glossary terms) yang menggabungkan virtual assets dan virtual asset service providers.

 • Pendahuluan paragraf 15 - halaman 8

Paragraf dan catatan kaki baru untuk memberikan panduan tentang cara menilai persyaratan yang berkaitan dengan virtual assets dan virtual asset service providers.
• Pendahuluan paragraf 21, 22, 24 dan diagram pada paragraf 44 - halaman 9, 10 dan 18

Penambahan referensi to virtual assets dan virtual asset service providers.
Recommendation 15, Catatan untuk assessors dan kriteria 15.3 – 15.11 – halaman 54-57
Immediate Outcomes 3 and 4 – halaman 105 - 112
Penambahan panduan lebih lanjut tentang cara menilai persyaratan yang berkaitan dengan virtual assets dan virtual asset service providers dan kriteria baru untuk mencerminkan amandemen terhadap Standar FATF (R.15, INR.15 dan Istilah glosarium "virtual assets" dan "virtual asset service provider").
Immediate Outcomes 1, 2, 3, 4, 6, 7, 8, 9, 10 and 11 – halaman 97, 102, 105-108, 109-112, 116, 119, 122, 124, 126-127, and 129-130.
Penambahan referensi ke R.15, atau elemen R.15, yang terkait dengan hasil dan referensi ke VASPs sepeti yang diperlukan.

 

Disadur dari: https://www.fatf-gafi.org/publications/mutualevaluations/documents/fatf-methodology.html


Artikel Terkait Lain