Berita - 14 November 2023

Permintaan Tanggapan Publik atas Konsep Consultative Paper Taksonomi Berkelanjutan Indonesia

Sumber  :  Consultative Paper Taksonomi Berkelanjutan Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) senantiasa mendukung berbagai inisiatif keuangan berkelanjutan guna mencapai tujuan pembangun​an berkelanjutan ​dan target net zero emission Indonesia. Salah satunya, OJK bersama Kementerian/Lembaga (K/L) terkait mengembangkan taksonomi yang merupakan klasifikasi aktivitas ekonomi yang mendukung upaya dan tujuan berkelanjutan. Taksonomi digunakan sebagai panduan untuk meningkatkan pembiayaan berkelanjutan dalam mendukung pencapaian target Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia. 

Sebagai bentuk komitmen dalam mengimplementasikan sifat living document maka Taksonomi Hijau Indonesia Edisi 1.0 (THI) akan dikinikan menjadi Taksonomi Berkelanjutan Indonesia (TBI) dengan fokus pertama pada sektor energi. Pengkinian tersebut sejalan dengan kepentingan nasional, Sustainable Development Goals (SDGs) termasuk aspek sosial, program pemerintah, perkembangan kebijakan K/L terkini, serta perkembangan internasional. Untuk itu pada Mei s.d. Oktober 2023, OJK telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan diskusi, rapat workshop dan FGD untuk membahas konsep pengkinian THI menjadi TBI. 

Lebih lanjut, pengembangan TBI telah sampai pada tahap penyusunan konsep Consultative Paper TBI (CP TBI), yang dapat diakses melalui tautan https://bit.ly/DraftCPTBI. Dalam rangka penyempurnaan konsep CP TBI, bersama ini kami mengundang partisipasi instansi/perusahaan/asosiasi Bapak/Ibu untuk menyampaikan tanggapan/masukan secara tertulis atas konsep tersebut melalui platform survey online (link: https://bit.ly/TanggapanCPTBI). 

Tanggapan/masukan tertulis dari Bapak/Ibu kami harapkan dapat disampaikan selambatnya tanggal 8 Desember 2023 WIB. Apabila diperlukan informasi lebih lanjut, mohon agar dapat menghubungi sektorhijau@ojk.go.id.