Print

Pemanfaatan Internet of Things (IoT) di Industri Jasa Keuangan

  • 14 September 2023
  • Lintas Sektor
  • Online

Teaser
Latar belakang
  • Industri jasa keuangan merupakan industri yang memiliki keterlibatan di setiap aktivitas masyarakat. Semakin berkembangnya waktu, aktivitas manusia turut mengalami perkembangan. Aktivitas manusia menjadi lebih kompleks dan heterogen. Oleh karena itu, industri jasa keuangan (IJK) dituntut untuk mampu menyelaraskan perkembangan eksternal dengan menghadirkan inovasi yang dapat mempermudah tingkat kompleksitas manusia. Penyelarasan ini mulai dari proses bisnis hingga produk dan layanan yang disediakan kepada masing-masing nasabahnya. Penyelarasan proses bisnis yang dilakukan dilatarbelakangi perubahan perilaku konsumen/masyarakat akibat perkembangan teknologi digital akhir-akhir ini. Lebih jauh sebagai dampak dari perkembangan teknologi digital tersebut, inovasi produk dan layanan jasa keuangan saat ini juga dikembangkan agar lebih cepat, efisien, dan praktis, semuanya bertujuan untuk mempermudah kehidupan manusia.
  • Kehadiran Internet of Things (IoT) merupakan nilai tambah bagi industri jasa keuangan untuk memberikan layanan real-time agar dapat menciptakan efisiensi waktu bagi setiap individu sehingga dapat melakukan berbagai aktivitas di dalam satu waktu dan lokasi. Internet of Things pun dapat menjadi salah satu cara bagi industri jasa keuangan dalam melakukan pemantauan terhadap aktivitas manusia, terutama di bidang keuangan/perekonomian, dalam rangka mengumpulkan data-data penting dengan tujuan menganalisis perilaku masyarakat terhadap suatu produk/inovasi yang telah dikeluarkan oleh industri.
  • Internet of Things dapat menjadi salah satu solusi bagi industri jasa keuangan dengan beberapa manfaat yang ditawarkan. Pertama, meningkatkan keamanan dan produktivitas untuk tidak melakukan sebuah transaksi secara langsung, dapat diakses dimanapun dan kapanpun, dan dapat memberikan dinamika data yang jelas. Kedua, mengontrol kualitas, industri jasa keuangan membutuhkan data terhadap tindakan dan perilaku masyarakat terhadap produk-produk yang telah dibuka untuk umum, mengukur tingkat efektivitas untuk mempertimbangkan evaluasi dan perubahan ketika terdeteksi tanda-tanda ketidaksesuaian. Ketiga, kecepatan evaluasi karena implementasi IoT dapat memberikan industri jasa keuangan informasi yang didapatkan secara cepat dan otomatis.
  • Selain memberikan manfaat terhadap industri jasa keuangan, Internet of Things (IoT) pun memiliki risiko yang perlu diketahui untuk dapat ditindaklanjuti cara mitigasi apabila potensi risiko tersebut terjadi. Internet of Things (IoT) memiliki ketergantungan terhadap infrastruktur pendukung, sehingga dibutuhkan kerja sama yang baik antara pihak pendukung infrastruktur untuk dapat menggunakan power generator anti air. Selain itu, Internet of Things memiliki ketergantungan terhadap internet sehingga memerlukan sumber daya internet dengan tingkat kecepatan yang memadai agar konektivitas dan stabilitas tercipta secara maksimal.
  • Di samping manfaat dan risiko yang diperoleh dari Internet of Things (IoT), terdapat tantangan yang marak hadir di masyarakat, yaitu sumber daya professional akan IoT terhitung masih belum mencukupi dan tingkat awareness juga literasi masyarakat yang kurang terhadap suatu teknologi. Secara tidak sadar, masyarakat telah menggunakan konsep Internet of Things di kehidupan sehari-hari. Tantangan selanjutnya, yaitu keamanan, baik ketika diimplementasikan di industri jasa keuangan maupun konektivitas Internet of Things itu sendiri yang membutuhkan sensor untuk pemrosesan data.
  • Dengan berbagai manfaat dan tantangan dari implementasi Internet of Things bagi industri jasa keuangan, perlu digali lebih dalam dampak penerapannya di masing-masing bidang sektor jasa keuangan. Oleh karena itu, perlu dilakukan diskusi lebih dalam bersama para narasumber ahli dan praktisi di bidangnya.
Objektif
  1. Memberikan pemahaman dan awareness mengenai teknologi Internet of Things, manfaat dan tantangannya bagi industri jasa keuangan; dan
  2. Memberikan pemahaman mengenai contoh penerapan teknologi Internet of Things dan dampaknya pada masing-masing bidang industri jasa keuangan.
Peserta
Pimpinan dan Pegawai OJK, Perwakilan Industri Jasa Keuangan, Akademisi dan Masyarakat Umum
Pembicara
  • Teguh Prasetya (Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI))
  • Toto Prasetio (Director of Technology & Operations, PT Bank Negara Indoensia (Persero), Tbk)
  • Hanang Setiohargo (Vice President Enterprise Product Management, PT Telekomunikasi Seluler)