Sustainable Finance Award 2016

SFA.jpg 

​​Pada akhir tahun 2014, Otoritas Jasa Keuangan meluncurkan Roadmap Keuangan Berkelanjutan. Keuangan berkelanjutan merupakan peran nyata Lembaga  Jasa Keuangan (LJK) untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan (sustainable development) yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan ekonomi (profit), sosial (people), dan lingkungan hidup (planet) atau dikenal dengan 3P.

Secara spesifik bagi Industri Jasa Keuangan (IJK), implementasi keuangan berkelanjutan bertujuan untuk meningkatkan daya tahan dan daya saing LJK sehingga mampu tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan; Menyediakan sumber pendanaan yang dibutuhkan masyarakat mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN); dan Berkontribusi pada komitmen nasional atas permasalahan pemanasan global (global warming) melalui aktivitas bisnis yang bersifat mitigasi maupun adaptasi atas perubahan iklim menuju ekonomi rendah karbon yang kompetitif.

Pelaksanaan Sustainable Finance Award (SFA) 2016 ini merupakan penyelenggaraan pertama kali di Indonesia. Tujuan penyelenggaraan SFA 2016 adalah sebagai apresiasi atas upaya yang telah dilakukan LJK dan Lembaga Non Keuangan dalam rangka mendorong pengembangan dan implementasi keuangan berkelanjutan untuk mendukung pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Bank, Perusahaan Efek, lndustri Keuangan Non-Bank, dan Perusahaan Terbuka (PT Tbk). mengajukan diri sebagai peserta pada SFA 2016 ini. Untuk mendapatkan SFA, kriteria yang harus dipenuhi mencakup kontribusi perusahaan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan yang tercermin pada visi dan misi perusahaan, strategi perusahaa jangka menengah dan panjang, kinerja keuangan, tanggung jawab sosial dan lingkungan hidup, leadership dan inovatif khususnya dalam aktivitas bisnisnya sehingga selaras dengan nilai-nilai 3P serta menerapkan Good Corporate Governance (GCG).

Dokumen yang disertakan untuk dinilai mencakup: Laporan Tahunan Perusahaan (2013-2015), pernyataan visi dan misi perusahaan, rencana strategis perusahaan 3-5 tahun ke depan, portofolio penempatan dana/investasi/pembiayaan yang ramah lingkungan hidup dan laporan implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) (2013-2015) serta Laporan Keberlanjutan/Sustainability Report (2013-2015) bila ada. Portofolio penempatan dana/investasi/pembiayaan yang ramah lingkungan hidup ke sektor usaha seperti energi bersih dan terbarukan (antara lain pembangkit listrik tenaga air/matahari/angin/biogas, biomas}, energi efisiensi, perkebunan bersertifikasi keberlanjutan (seperti RSPO/ISPO untuk kelap sawit), peringkat PROPER (Blue, Green, Gold), produk yang memiliki ecolabel termasuk produk recycle, perusahaan penerima ISO 14.000 dan ISO 26.000.

Pendaftaran SFA 2016 dibuka tanggal 3 Oktober s.d. 24 Oktober 2016. Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang terdiri atas internal OJK dan eksternal yang terdiri atas akademisi, jurnalis/ wartawan, maupun pemerhati lingkungan hidup. Dewan Juri diperkenalkan pada acara Seminar Internasional "Sustainable Finance to Support Sustainable Development Goals" yang digelar di Jakarta pada 23 November 2015. Berikut adalah Dewan Juri Sustainable Finance Award 2016.​

​Sekretariat Panitia Sustainable Finance Award 2016


formulir SFA.pdf