United Nations Environment Programme – Finance Initiative (UNEP – FI)

Kategori

Umum

Lampiran

United Nations Environment Programme – Finance Initiative (UNEP – FI) merupakan persekutuan antara UNEP dan institusi-institusi keuangan dari seluruh dunia. Beranggotakan lebih dari 200 institusi baik bank, perusahaan asuransi, maupun investor. Tujuan dari UNEP – FI adalah meningkatkan implementasi prinsip-prinsip berkelanjutan dalam segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh institusi keuangan. UNEP – FI juga dikenal sebagai perancang dan pengembang dari prinsip-prinsip investasi bertanggung jawab atau Principles for Responsible Investment (PRI).​

Pernyataan UNEP – FI merupakan dasar dari inisiasi ini. Pernyataan tersebut terdiri dari guidelines yang harus diikuti oleh anggotanya dalam rangka mengikuti prinsip-prinsip berkelanjutan. Pernyataan UNEP – FI meliputi komitmen para anggotanya dalam:

1.      Pembangunan berkelanjutan

  • Para anggota memandang pembangunan berkelanjutan – didefinisikan sebagai pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya – sebagai aspek yang mendasar dalam manajemen bisnis yang baik.
  • Para anggota menganggap pembangunan berkelanjutan paling baik dicapai dengan cara membiarkan pasar bekerja dalam kerangka kerja yang tepat dari regulasi efisiensi biaya dan instrumen ekonomi. Pemerintah berperan sebagai pemimpin dalam membangun dan menegakkan prioritas dan nila jangka panjang.
  • Para anggota memandang institusi keuangan sebagai kontributor penting dalam pembangunan berkelanjutan, melalui interaksi dengan sektor ekonomi lainnya dan konsumen, serta melalui aktivitas pembiayaan, investasi, dan perdagangan yang mereka lakukan.
  • Para anggota mengakui bahwa pembangunan berkelanjutan merupakan komitmen institusional dan sebuah bagian integral dari pencapaian good corporate citizenship dan dasar dari praktik-praktik bisnis yang baik.
  • Para anggota percaya bahwa agenda pembangunan berkelanjutan menjadi semakin terkait dengan isu sosial dan kemanusiaan karena meluasnya agenda lingkungan global dan karena perubahan iklim membawa tantangan pembangunan dan keamanan yang semakin besar.

2.      Manajemen keberlanjutan

  • Para anggota mendukung pendekatan pencegahan terhadap isu-isu lingkungan dan sosial yang mengantisipasi dan mencegah petensi pengaruh negative terhadap lingkungan dan masyarakat.
  • Para anggota akan memenuhi seluruh regulasi baik lokal, nasional, maupun internasional terkait isu-isu lingkungan dan sosial. Lebih dari itu, para anggotan akan berusaha mengintegrasikan pertimbangan-pertimbangan lingkungan dan sosial ke dalam operasi dan keputusan bisnis.
  • Para anggota mengakui bahwa mengidentifikasi dan mengukur risiko lingkungan dan sosial harus menjadi salah satu bagian dari proses penilaian risiko dan manajemen, baik dalam operasi domestik maupun internasional.
  • Para anggota akan berusaha untuk mencapai praktik-praktik terbaik dalam manajemen lingkungan, termasuk efisiensi energi dan air, daur ulang, dan pengurangan limbah. Para anggota akan menjalin hubungan bisnis dengan pelanggan, mitra, pemasok, dan sub-kontraktor yang memiliki standar lingkungan yang sama tingginya.
  • Para anggota akan memperbarui praktik-praktik mereka secara berkala untuk menggabungkan perkembangan pengelolaan keberlanjutan yang relevan. Para anggota mendukung industri untuk melakukan penelitian yang sesuai.
  • Para anggota menyadari kebutuhan untuk mengadakan tinjauan internal secara reguler dan mengukur perkembangan mereka terhadap tujuan keberlanjutan yang mereka miliki.
  • Para anggota menyadari pentingnya sektor jasa keuangan untuk beradaptasi dan mengembangkan produk dan jasa yang akan mendorong prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

3.      Kesadaran masyarakat dan komunikasi

  • Para anggota menganjurkan institusi keuangan mengembangkan dan menerbitkan laporan dari kebijakan keberlanjutan mereka dan secara berkala melaporkan langkah-langkah yang telah mereka lakukan untuk mendorong integrasi pertimbangan lingkungan dan sosial ke dalam operasi mereka.
  • Para anggota berkomitmen untuk membagi informasi yang relevan kepada pelanggan, sewajarnya, sehingga para pelanggan dapat memperkuat kapasitas mereka dalam mengurangi risiko lingkungan dan sosial dan mendorong pembangunan berkelanjutan.
  • Para anggota akan mendorong keterbukaan dan dialog berkaitan dengan masalah keberlanjutan dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk pemegang saham, karyawan, pelanggan, regulator, pembuat kebijakan, dan masyarakat.
  • Para anggota akan bekerja sama dengan UNEP dalam melanjutkan prinsip dan tujuan pernyataan ini, dan  mencari dukungan aktif UNEP dalam memberikan informasi yang relevan terkait dengan pembangunan berkelanjutan.
  • Para anggota akan mendorong institusi keuangan lainnya untuk mendukung pernyataan ini. Para anggota berkomitmen untuk membagi pengalaman dan pengetahuan dengan mereka dalam rangka memperluas praktik-praktik terbaik.
  • Para anggota menyadari pentingnya inisiatif lain oleh sektor jasa keuangan dalam meneruskan sasaran dan tujuan keuangan berkelanjutan dan akan berusaha membantu inisiatif semacam itu dengan cara yang tepat.
  • Para anggota akan bekerja sama dengan UNEP secara berkala untuk meninjau keberhasilan dalam implementasi pernyataan ini dan mengharapkan penandatangan lainnya untuk mewujudkan kemajuan yang nyata.
Informasi lebih lanjut: UNEP - FI​