Principles for Responsible Investment

Kategori

Pasar Modal

Lampiran

-​

Prinsip-prinsip investasi bertanggung jawab atau Principles for Responsible Investment (PRI) merupakan jaringan investor internasional yang bergerak dalam meningkatkan penggunaan 6 (enam) prinsip investasi yang bertanggung jawab. Prinsip ini dibuat berdasarkan adanya dugaan bahwa isu lingkungan, sosial, dan pemerintahan (ESG), yaitu perubahan iklim dan hak asasi manusia dapat mempengaruhi performa portofolio investasi yang dimiliki. Sehingga isu-isu tersebut sebaiknya dimasukkan ke dalam pertimbangan investasi oleh investor.

Pada awal tahun 2005, Sekretaris Jenderal PBB yang saat itu sedang menjabat, Kofi Annan, mengundang sebuah kelompok investor institusi terbesar di dunia untuk terlibat dalam proses pengembangan PRI. Hingga akhirnya PRI diluncurkan pada bulan April 2006 di New York Stock Exchange. Sejak peluncurannya, peserta penandatanganan PRI terus meningkat.

Tujuan PRI adalah mencapai suatu sistem keuangan global yang berkelanjutan dengan cara mendorong penggunaan PRI dalam kegiatan investasi; membina good governance, integritas, dan akuntabilitas; serta mengenalkan hambatan yang ada dalam mencapai sistem keuangan berkelanjutan. Dengan adanya PRI diharapkan investor dapat memahami implikasi keberlanjutan; serta mendukung peserta penandatanganan PRI dalam mengintegrasikan isu lingkungan, sosial, dan pemerintahan (ESG) dengan pengambilan keputusan mengenai investasi dan praktek kepemilikan. Prinsip ini sifatnya sukarela dan aspiratif.

Terdapat 6 (enam) prinsip dalam PRI, yaitu:

  1. Membaurkan isu-isu ESG ke dalam analisis investasi dan proses pengambilan keputusan.
  2. Menjadi pemilik yang aktif dan membaurkan isu-isu ESG ke dalam kebijakan dan praktek kepemilikan.
  3. Meminta pengungkapan yang layak mengenai isu-isu ESG kepada entitas penerima investasi.
  4. Mendorong penerimaan dan implementasi PRI ke dalam industri investasi.
  5. Bekerja sama untuk meningkatkan kefektifan dalam pengimplementasian PRI.
  6. Melaporkan aktivitas dan kemajuan pengimplementasian PRI.

Informasi lebih lanjut: Principles for Responsible Investment