Principles for Sustainable Insurance (PSI) Initiative

Kategori

IKNB

Lampiran

Asuransi berkelanjutan merupakan sebuah pendekatan strategis di mana seluruh aktivitas dalam rantai pasokan asuransi, termasuk interaksi dengan pemangku kepentingan, dilakukan secara bertanggung  jawab dan berpandangan ke depan melalui identifikasi, penilaian, pengelolaan, dan pengawasan resiko serta peluang yang diasosiasikan dengan isu lingkungan, sosial, dan pemerintahan (ESG). Tujuan dari asuransi berkelanjutan adalah mengurangi resiko, mengembangkan solusi yang inovatif, meningkatkan performa bisnis, dan berkontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Prinsip-prinsip asuransi berkelanjutan atau Principles for Sustainable Insurance Initiative (PSI Initiative) merupakan kerangka global bagi industri asuransi untuk mengatasi resiko dan peluang ESG. PSI Initiative diterbitkan oleh UNEP – FI pada bulan Juni 2012 di Rio de Janeiro, Brazil dalam RIO+20 Conference sebagai bentuk dukungan terhadap tujuan konferensi tersebut. Prinsip ini dibentuk bukan untuk mengikat secara legal, sehingga sifatnya sukarela.

Ide pengembangan PSI Initiative bermula saat UNEP – FI melakukan penelitian mengenai resiko dan peluang yang diasosiasikan dengan isu ESG dalam industri asuransi pada tahun 2006 hingga 2009. Pengembangan ini diawasi dan dikelola oleh pelaku industri asuransi yang merupakan anggota UNEP – FI, institusi peninjau, serta sekretariat UNEP – FI. Dalam mengembangkan prinsip-prinsip ini, dilakukan konsultasi di berbagai negara dan benua untuk mendapatkan masukan secara global terhadap rancangan PSI dengan melibatkan berbagai pihak, seperti perwakilan dari industri asuransi, pemerintah dan regulator, organisasi pemerintahan maupun non-pemerintahan, asosiasi bisnis dan industri, akademisi, serta komunitas ilmiah. Hasil dari konsultasi ini kemudian dibentuk menjadi PSI Initiative oleh UNEP – FI.

Tujuan PSI Initiative adalah untuk memahami, mencegah, dan menguragi resiko ESG; serta mengelola peluang dengan lebih baik dalam rangka menyediakan proteksi resiko yang berkualitas dan dapat diandalkan. Sedangkan visi dari PSI Initiative adalah menciptakan dunia yang sadar akan resiko, di mana industri asuransi dapat dipercaya dan dapat memainkan perannya dalam menciptakan lingkungan yang sehat, aman, kuat, dan berkelanjutan. Hingga Juli 2015, terdapat 83 organisasi yang telah mengadopsi prinsip-prinsip ini. PSI Initiative merupakan kolaborasi terbesar antara PB dan industri asuransi dan saat ini telah menjadi salah satu kriteria industri asuransi pada Dow Jones Sustainable Indices dan Indeks FTSE4Good.

Terdapat 4 (empat) prinsip dalam PSI Initiative, yaitu:

  1. Menanamkan isu-isu relevan mengenai ESG ke dalam pengambilan keputusan bisnis.
  2. Bekerja sama dengan klien dan rekan bisnis untuk meningkatkan kesadaran mengenai isu ESG, mengelola resiko, serta mengembangkan solusi.
  3. Bekerja sama dengan pemerintah, regulator, dan pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan aksi masyarakat dalam isu-isu ESG.
  4. Mendemonstrasikan akuntabilitas dan transparansi dalam pengungkapan kepada publik mengenai kemajuan pengimplementasian prinsip ini secara berkala.