Green Bonds Principles

Kategori

Pasar Modal

Lampiran

Obligasi hijau dapat meningkatkan permodalan bagi proyek-proyek hijau baik proyek baru maupun yang sudah berjalan. Saat ini, aktivitas pasar mengindikasikan adanya pertumbuhan obligasi hijau yang cepat. Hal ini mendorong diterbitkannya prinsip-prinsip obligasi hijau atau Green Bonds Principles (GBP).

GBP merupakan pedoman pengembangan pasar obligasi hijau yang merekomendasikan transparansi dan keterbukaan, serta mendorong integritas. GBP diterbitkan oleh International Capital Market Association (ICMA) dan sifatnya sukarela. ICMA berperan sebagai sekretariat dan memfasilitasi anggota-anggotanya, yaitu penerbit, investor, bank penjamin obligasi hijau, serta pihak-pihak lain yang terlibat dalam pasar. Sejak tahun 2014, GBP diperbaharui setiap tahun oleh ICMA dengan anggota-anggotanya. Saat ini, GBP diperbaharui pada Juni 2016.

Prinsip-prinsip dalam GBP ditujukan bagi semua pihak yang terlibat dan dimaksudkan untuk penggunaan secara luas dalam pasar. GBP menyediakan pedoman bagi penerbit mengenai komponen-komponen utama dalam rangka menerbitkan obligasi hijau yang kredibel, membantu investor dalam menyediakan informasi penting untuk mengevaluasi dampak lingkungan dari investasi hijau yang dilakukan, serta membantu penjamin dalam menggerakkan pasar menuju pengungkapan standar yang akan memudahkan transaksi.

Terdapat 4 (empat) komponen utama dalam GBP, yaitu:

  1. Penggunaan dana
  2. Proses pemilihan dan evaluasi proyek
  3. Pengelolaan hasil
  4. Pelaporan

GBP secara eksplisit mengakui beberapa kategori luas mengenai proyek hijau yang layak, yaitu:

  1. Energi terbarukan
  2. Efisiensi energy
  3. Pencegahan dan pengendalian polusi
  4. Pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan
  5. Konservasi keanekaragaman hayati baik di darat maupun di air
  6. Transportasi bersih
  7. Pengelolaan air yang berkelanjutan
  8. Adaptasi perubahan iklim
  9. Produk eco-efficient, serta proses dan teknologi produksi.