Training Analis Lingkungan (TAL) Tingkat Lanjutan Angkatan I Tahun 2018

Foto Bersama Peserta TAL Lanjutan Angkatan I.jpg


Setelah menyelenggarakan Training Analis Lingkungan (TAL) Tingkat Dasar sebanyak empat kali pada bulan Juli, Agustus, dan September Tahun 2018, Otoritas Jasa Keuangan berkerjasama dengan International Financial Corporation (IFC) dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) kembali menyelenggarakan Training Analis Lingkungan (TAL) Tingkat Lanjutan. TAL Tingkat Lanjutan ini merupakan pelatihan lanjutanyang ditujukan bagi Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang sebelumnya telah berpartisipasi dan lulus dalam mengikuti TAL Tingkat Dasar.

Pelaksanaan TAL Lanjutan Angkatan pertama di Tahun 2018 diselenggarakan di Hotel Amaris Hotel Pakuan, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 29-31 Agustus 2018. Kegiatan tersebut diikuti oleh 16 peserta dari sektor perbangkan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pada Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam analisa pembiayaan berkelanjutan.

Dalam pelatihan ini, terdapat beberapa materi yang diberikan kepada peserta selama 3 hari pelaksanaan, yaitu:

Hari Pertama, Rabu, 29 Agustus 2018

Beberapa materi yang disampaikan di hari pertama adalah:

  1. Overview regulasi keuangan berkelanjutan oleh Ibu Istiana Maftuchah dari Otoritas Jasa Keuangan. Materi ini menyampaikan mengenai isu lingkungan hidup dan sosial saat ini sedang menjadi isu global serta peran Keuangan Berkelanjutan bagi sektor perbangkan dan peranannya dalam pencapaian SDGs.
  2. Aspek sosial dan lingkungan hidup dalam bisnis perbankan oleh Ibu Elis Mudjiwati dari Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI). Materi ini memberikan perspektif dalam hal memasukan aspek sosial dan lingkungan dalam pembuatan proyek bisnis Keuangan Berkelanjutan.
  3. Manajemen risiko sosial dan lingkungan hidup pada level proyek dan portofolio oleh Bapak Lando Simatupang dari LPPI. Peserta mendapatkan materi terkait dengan manajemen risiko yang akan dihadapi dalam mengimplementasikan bisnis Keuangan Berkelanjutan dari segi proyek baik yang sedang atau akan berjalan, serta mengukur risiko sosial dan lingkungan hidup dalam aspek portfolionya.
Selain mendapatkan materi, pesertapun mengerjakan soal pre test di awal kegiatan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta terkait Keuangan Berkelanjutan.

Hari Kedua, Kamis, 30 Agustus 2018

Di hari kedua, peserta mendapatkan beberapa materi sebagai berikut:

  1. Integrasi manajemen risiko sosial dan lingkungan hidup dalam proses bisnis lembaga jasa keuangan oleh Ibu Elis Mudjiwati dari LPPI. Materi ini memberikan informasi mengenai sinergi antara risiko yang akan ditemui oleh LJK dengan proyek-proyek hijau yang akan dibiayai.
  2. Pengembangan produk keuangan hijau oleh Ibu Elis Mudjiwati dari LPPI. Materi ini disampaikan agar peserta lebih memahami mengenai produk Keuangan Hijau secara lebih kongkrit.
  3. Studi Kasus oleh Bapak Didiek S. Adi. Peserta mendapatkan studi kasus yang akan didiskusikan secara berkelompok. Studi kasus ini diberikan agar peserta dapat semakin mengasah kemampuan dan kreatifitas dalam membuat proyek-proyek berkelanjutan.
     

Hari Ketiga, Jumat 31 Agustus 2018

Pada pelaksanaan hari ketiga, peserta mendapat kesempatan untuk site visit mengunjungi Hotel 1O1 Suryakancana Bogor yang menjadi contoh bangunan yang telah bersertifkat green building. Setelah itu, peserta kembali ke hotel dan mendapatkan materi sebagai berikut:

  1. Laporan Keberlanjutan oleh Ibu Juniati Gunawan dari Universitas Trisakti. Materi ini diberikan agar peserta semakin memahami bagaimana teknis penulisan Laporan Keberlanjutan.
  2. Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) oleh Ibu Poppy Ismalina dari Universitas Gadjah Mada. Agar semakin memahami seperti apa penulisan RAKB yang akan dibuat oleh masing-masing Bank, dalam pelaksanaan TAL Lanjutan ini terdapat materi khusus terkait RAKB.
Setelah seluruh materi telah diberikan, peserta mengerjakan soal post test untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami materi yang telah disampaikan dalam pelaksanaan kegiatan TAL Lanjutan ini. Terakhir, acarapun ditutup oleh Bapak Edi Setijawan yang menyampaikan pesan kepada peserta untuk selalu menciptakan kreatifitas dalam mengimplementasikan Keuangan Berkelanjutan.