RI Masuk 10 Besar Negara Industri Dunia

Indonesia masuk ke dalam 10 besar negara industri dunia menurut laporan International Yearbook Statistic 2016 yang diterbitkan oleh United Nations Industrial Development Organization (UNIDO). Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), industri pengolahan non-migas Indonesia tumbuh 4,42% dengan kontribusi tertinggi dari sektor lainnya terhadap perekonomian, yaitu mencapai 18,2% pada tahun 2016.

Menteri Perindustrian (Menperin) Indonesia menegaskan bahwa Indonesia akan lebih aktif berperan dalam rantai nilai global di sektor industri. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan meningkatkan kapasitas industri nasional melalui peralihan dari menjual komoditi mentah menjadi ekspor produk manufaktur yang bernilai tambah tinggi. Pengembangan industri akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan nasional.

Menindaklanjuti proyek kerja sama UNIDO-Indonesia Country Programme (ICP) 2016-2020, Kemenperin dan UNIDO membahas peningkatan daya saing industri Indonesia salah satunya melalui pengembangan industri hijau. Hal ini sejalan dengan visi UNIDO dalam upaya meningkatkan pembangunan industri yang inklusif dan berkelanjutan.

Dalam rangka memperkuat kerja sama yang komprehensif antara UNIDO dan Indonesia, terdapat 3 (tiga) prioritas tematik yang akan dilakukan, yaitu:

  1. Membantu Indonesia dalam memperbanyak kegiatan riset dan pengembangan yang berorientasi pada sektor industri dan kepentingan masyarakat.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknologi industri dengan melibatkan politeknik dan jaringan kerja di Indonesia.
  3. Menciptakan iklim inovatif dalam menyediakan skema insentif untuk mengangkat dan memperkuat stuktur industri di Indonesia.

Tiga hal tersebut diharapkan dapat mendorong pengurangan kemiskinan, pembangunan berkelanjutan, pembukaan lapangan pekerjaan, menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan peningkatan ketahan energi.  


Sumber foto: lintasterkini.com

Sumber berita: Koran Investor Daily, 30 Maret 2017

Berita Terkait Lain