Aktivitas Tambang Ilegal Kian Marak

  1. Tambang emas liar di Pulau buru, Kabupaten Buru antara lain ada di Gunung Botak (Sudah ditutup), Gunung Nona, Gogorea (Sudah ditutup). Kerusakan yang diakibatkan penambangan di Gunung Botak adalah adanya kedalaman jurang hampir 300 meter dari puncak bukit, hutan sagu mati (tempat pengolahan material), Warna air sungai di desa dafta keruh (tempat pengolahan material). Sedangkan kerusakan yang diakibatkan di gunung nona adalah adanya kerusakan saluran irigrasi yang tercemar lumpur dimana sebanyak 362 hektar sawah terdampak.
  2. Tambang emas liar di Kelurahan Poboya Kecamatan Mantikulore Kota Palu Sulawesi Tengah. Kerusakan yang ditimbulkan adalah adanya pencemaran lingkungan yang menyebakan warga terpapar merkuri.
  3. Tambang Batu Sinabar di Luhu-lha Pulau Seram Kabupaten Seram Bagian Barat
  4. Tambang emas liar di kalimantan tengah. Kerusakan yang ditimbulkan adalah adanya kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS), sekitar 10 hektar lahan dari bibir hingga hutan disekitar sungai dirusak, pohon-pohon dibabat habis, serta pasir di dasar sungai disedot habis dan dibuang begitu saja, sungai rungan yang keruh.

TAMBANG.jpg


Berita Terkait Lain